Ninja mempunyai 3
generasi teknologi blok silinder yang berbeda. Blok generasi I (
1997-2004 ) adanya tabung KIS di atas corong
exhaust
yang berguna menyimpan campuran bensin udara yang belum terbakar dan
terbawa lubang buang kemudian disedot ke ruang bakar biar irit. Blok
generasi II ( 2004-2006 ) adanya teknologi Super KIPS dengan dua lubang exhaust dimana lubang utama lebih kecil dari versi KIS. Super KIPS akan membuka exhaust tambahan di RPM 7000 ke atas. Blok generasi III ( 2004 - 2007, berkode 1855 ) dengan teknologi Super KIPS, HSAS &
Catalytic Converter di knalpot.
Blok ini mengaplikasi O-Ring antara blok dan kepala silinder sehingga
jauh lebih irit. Lubang in dan ex generasi ke-2 & ke-3 pun berbeda
karakter. Yang paling penting dalam meng-upgrade, selain
mencangkok blok berkode 1855, piston pun harus diganti dengan piston
Ninja III karena terdapat perbedaan di knock ring piston dan sifat
pemuaiannya dimana daya muai piston Ninja III tidak sebesar piston Ninja
II. Berikut ini tabel spesifikasiPart Number Piston Engine dan Cylinder Engine masing-masing generasi
Gambar 1
Penampang Belah Atas Blok ( Lubang Blok 1855 lebih kecil )
Gambar 2
Penampang Belah Bawah Blok
Gambar 3
ada alur O-Ring pada blok 1855
Komentar
Posting Komentar