Upgrade Blok Silinder Kawasaki Ninja Ke Generasi Ketiga


Ninja mempunyai 3 generasi teknologi blok silinder yang berbeda. Blok generasi I ( 1997-2004 ) adanya tabung KIS di atas corong exhaust yang berguna menyimpan campuran bensin udara yang belum terbakar dan terbawa lubang buang kemudian disedot ke ruang bakar biar irit. Blok generasi II ( 2004-2006 ) adanya teknologi Super KIPS dengan dua lubang exhaust dimana lubang utama lebih kecil dari versi KIS. Super KIPS akan membuka exhaust tambahan di RPM 7000 ke atas. Blok generasi III ( 2004 - 2007, berkode 1855 ) dengan teknologi Super KIPS, HSAS & Catalytic Converter di knalpot. Blok ini mengaplikasi O-Ring antara blok dan kepala silinder sehingga jauh lebih irit. Lubang in dan ex generasi ke-2 & ke-3 pun berbeda karakter. Yang paling penting dalam meng-upgrade, selain mencangkok blok berkode 1855, piston pun harus diganti dengan piston Ninja III karena terdapat perbedaan di knock ring piston dan sifat pemuaiannya dimana daya muai piston Ninja III tidak sebesar piston Ninja II. Berikut ini tabel spesifikasiPart Number Piston Engine dan Cylinder Engine masing-masing generasi

Gambar 1

Penampang Belah Atas Blok ( Lubang Blok 1855 lebih kecil )






Gambar 2

Penampang Belah Bawah Blok







Gambar 3

ada alur O-Ring pada blok 1855

Komentar

Postingan Populer