sejarah malta

Lintasan Sejarah 11 Maret Malta Ditaklukkan Pasukan Muslim
Tanggal 11 Maret tahun 904, Malta jatuh ke tangan pasukan Arab muslim. Kepulauan Malta yang terdiri dari dua pulau ini, yaitu pulau Malta dan Gozo, terletak di tengah lautan Mediterania. Letaknya yang strategis, di antara Eropa dan Africa, membuatnya menjadi rebutan negara-negara kuat, di antaranya bangsa Phoenix, Romawi, Byzantium, Arab, Normandia, Perancis, dan Inggris. Malta meraih kemerdekaannya dari Inggris tahun 1964.
Bangsa Arab merebut Malta dari kekuasaan Byzantium. Dominasi Arab di negara ini memberikan banyak pengaruh besar. Di antaranya, penerapan teknik irigasi baru di ladang pertanian dan penanaman tanaman baru, seperti buah sitrus dan kapas. Selain itu, bangsa Arab juga memperkenalkan sistem perlindungan tanah dari erosi dengan cara mendirikan dinding-dinding kecil. Pengaruh bangsa Arab juga terlihat dalam bahasa warga Malta yang banyak mengandung kata-kata dan dialek Arab.

Mikhail Gorbachev Diangkat Sebagai Pemimpin Uni Soviet
Tanggal 11 Maret 1985, Mikhail Gorbachev diangkat menjadi sekjen baru dan pemimpin Uni Soviet, menyusul kematian pemimpin lama Uni Soviet, Konstantin Chernenko, sehari sebelumnya. Selama enam tahun berikutnya, Gorbachev menjalankan transformasi radikal di dalam masyarakat Soviet dan dalam politik luar negerinya. Gorbachev juga memperlonggar opresi politik dan memimpin reformasi untuk memperbaiki sistem perekonomian yang rapuh. Dia juga bekerja keras untuk memperbaiki hubungan dengan AS.
Pada tahun 1987, Gorbachev dan President Ronald Reagan menandatangani perjanjian pengurangan senjata nuklir kedua negara. Namun, perubahan yang dibawa Gorbachev berakhir dengan terpecah-pecahnya Uni Soviet karena negara-negara yang selama ini tertekan di dalam Uni Soviet satu-persatu memerdekakan diri. Pada bulan Desember 1991, Gorbachev mengundurkan diri dari jabatan Presiden dan Uni Soviet secara resmi dibubarkan.

Iran Keluar dari CENTO
Tanggal 11 Maret 1979, setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, negara ini keluar dari Organisasi Perjanjian Sentral (CENTO). CENTO adalah sebuah organisasi pertahanan bersama antara Turki, Iran, Pakistan, dan Inggris. Awalnya, organisasi ini bernama Pakta Bagdad, namun karena pada tahun 1958 Irak keluar dari pakta ini, nama organisasi tersebut diubah menajdi CENTO. Sementara itu, AS bertindak sebagai pengawas dalam organisasi ini. Pada tahun 1979, Pakistan keluar dari CENTO sebagai protes atas sikap negara-negara anggota lainnya yang tidak mendukung Pakistan dalam menghadapi krisisnya dengan India. Pada tahun yang sama, Iran juga keluar dari CENTO dan organisasi ini pun bubar.
Lithuania Proklamasikan KemerdekaannyaTanggal 11 Maret tahun 1990, Lithuania memproklamasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Pemerintahan Soviet menjawab tindakan Lithuania ini dengan memkasakan embargo minyak dan ekonomi, serta mengirimkan pasukan. Namun akhirnya pada tahun 1991, Soviet bersedia mengakui kemerdekaan Lithuania dan republik Balkan lainnya, yaitu Estonia dan Latvia. Bangsa Lithuania hidup di sepanjang Sungai Nemen dan Lautan Baltic, selama 3000 tahun dan selama abad pertengahan, Lithuania menjadi salah satu negara terluas di Eropa.
Pada tahun 1940, tentara Soviet menduduki negara ini. Namun, tahun berikutnya, negara ini direbut oleh tentara Nazi dan selama Perang Dunia II, Lithuania turun ke medan perang mendukung Jerman. Pada tahun 1944, Soviet kembali merebut Lithuania dari Jerman dan menetapkan rezim pro-komunis di Lithuania. Pada akhir 1980-an, pemimpin Soviet, Mikhail Gorbachev menjalankan politik glasnot atau keterbukaan sehingga membuat bangsa Lithuania bebas menemukan identitas mereka kembali dan akhirnya memproklamasikan negara Lithuania yang terpisah dari Soviet.

Komentar

Postingan Populer