STUXNET

Suatu hari ada seorang yang bertanya tentang virus stuxnet, aku sempet bingung juga mau jawab gmn… :-( biasalah Gan, Gaptek…begono!!
tapi tanpa dinyana aku akhirnya nemuin kasus juga masalah stuxnet ini..
waktu..penyebarannya cepet banget…tak terasa bro..
akhirnya aq coba browsing ke mbah google…
ktemu deh ma mbah wikimedia
ahaaaa ancur deh..ternyata indonesia peternak kedua virus ini setelah iran..hehhee bahkan menurut kabar iran berang dengan ni virus..en mengatakan sebagai sabotase atas pengayakan uranium iran, mereka menuduh bahwa virus ini di sebar oleh Amerika & Israel nah loh….ada bukti g yua.
Bagaimana virus ini bekerja?
Menurut kompas Virus itu adalah perangkat lunak berbahaya, atau malware, yang umumnya menyerang sistem kontrol industri yang dibuat oleh perusahaan Jerman, Siemens. Para ahli mengatakan virus tersebut dapat digunakan untuk mata-mata atau sabotase. – Siemens mengatakan malware menyebar melalui perangkat memori USB thumb drive yang terinfeksi, memanfaatkan kerentanan dalam sistem operasi Windows Microsoft Corp. – Program serangan perangkat lunak Malware melalui Sistem Supervisory Control and Data Acquisition, atau SCADA. Sistem itu digunakan untuk memonitor pembangkit listrik secara otomatis – dari fasilitas makanannya dan kimia untuk pembangkit listrik. – Analis mengatakan para penyerang akan menyebarkan Stuxnet melalui thumb drive karena banyak sistem SCADA tidak terhubung ke Internet, tetapi memiliki port USB. – Sekali saja worm menginfeksi sebuah sistem, dengan cepat dan membentuk komunikasi dengan komputer server penyerang sehingga dapat digunakan untuk mencuri data perusahaan atau mengendalikan sistem SCADA, kata Randy Abrams, seorang peneliti dengan ESET, sebuah perusahaan keamanan swasta yang telah mempelajari Stuxnet.
tapi menurut hemat aku sih virus ini g berbahaya kok…paling2 ya cuma menghambat kinerja windows aje..
g sampai merusak data..hehehe..stuxnet itu mah gampang di basmi..beda ama Virut..tinggal instal NOD32 aje..dah bubar tuh stuxnet..
;-)

Komentar

Postingan Populer