Sejarah Panjang Kawasaki Ninja, Melegenda di Dunia dan Indonesia
Sejarah Panjang Kawasaki Ninja, Melegenda di Dunia dan Indonesia
PADANG, SO--Kalangan
pecinta motor sport di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan nama
Ninja. Karena ketika mendengarnya, terbesit sebuah motor sport tangguh
dari pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki.
Namun
apakah diantara anda ada yang tahu berapa umur Ninja sebenarnya? Karena
setelah malang-melintang di industri motor dunia, di tahun 2010 nama
Ninja pun tak terasa telah memasuki umur lebih dari seperempat abad,
persisnya 26 tahun.
Kawasaki
memulai petualangan Ninja lewat GPz900R (ZX900A) pada tahun 1984 silam.
Dan sejak pertama kali diperkenalkan, varian ini seolah berhasil
mencuri hati penggemar motor sport, tidak hanya dari tampilannya yang
rupawan, namun juga dari sisi performa yang tangguh.
Berbekal
mesin berkapasitas 908 cc, Kawasaki menghentak dunia. Karena mesin yang
dapat menyemburkan tenaga hingga 115 horsepower (hp) tersebut dapat
berakselerasi dari diam sampai 450 meter hanya dalam waktu 10.55 detik
saja dengan kecepatan puncak yang mengagumkan yakni mencapai 250 km/jam.
Tidak hanya itu, fenomena Ninja pun terus berlanjut ketika Kawasaki
dengan beragam inovasi menyuguhkan tipe-tipe Ninja yang lainnya mulai
dari ZX-6R, ZX-7, ZX-9, ZX-10, ZX-12, hingga ZX-14.
Tapi,
itu untuk pasar global seperti Amerika, Eropa dan Jepang. Sementara
untuk Asia Tenggara terutama Indonesia, Kawasaki mencoba masuk dan
menyesuaikan diri dengan kapasitas mesin yang lebih kecil yakni hanya
150 cc saja. Namun, meskipun memiliki kapasitas mesin kecil, Ninja 150
cc ternyata masih dapat menjadi fenomena di Asia Tenggara.
Nama
Kawasaki Ninja 150R sudah melegenda di semua lintasan, baik trek balap,
maupun trek jalan raya di Indonesia. Sejak kehadiran produk unggulan
Kawasaki ini di tanah air, populasinya terus bertambah banyak.
Di
ajang balap roda race, sebelum kelas 150 tune-up ditutup, Kerry 'Bob'
Hutama disegani lawan dengan Ninja 150. Di grasstrack dan drag bike
sampai saat ini masih lumayan banyak penggunanya. Belum lagi komunitas
yang tersebar di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Balikpapan,
Samarinda sampai Sumbar.
Tak
berlebihan rasanya, Ninja 150 jadi sosok motor sport dua langkah
terkencang yang masih diproduksi saat ini. "Kita masih jamin kalau Ninja
tetap lulus uji emisi Euro II. Ini hasil aplikasi teknologi ramah
lingkungan," beber Reiner Sitorus, Technical Service Manager, PT
Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Jakarta.
"Meski
sudah keluar varian lainnya dengan kapasitas mesin lebih besar seperti
Ninja 250R bermesin 4-tak, namun Ninja 150RR masih banyak diminati
pembeli di Sumbar," tambah Ir Thomas Nauli, Direktur PT Lautan Rezeki
Jayawisesa, dealer Kawasaki yang buka showroom di Jalan Veteran No.8BCD,
Padang.
Pantas
saja meski Ninja sampai saat ini sudah 12 tahun mengaspal, namun tetap
dilirik pemakai. Bahkan bekasnya masih tetap laku. Untuk itu, kita buka
sejarah tiap generasinya sebagai panduan.
Generasi 1996-1997
Ini
awalnya Kawasaki Ninja 150 diproduksi di Indonesia meski mayoritas
komponen masih dipasok dari Kawasaki Thailand. Di tahun 1996, Ninja
punya ciri mendasar dengan pelek jari-jari, lampu bulat dan cakram
depan.
Setahun
kemudian, setelah peluncuran Ninja 150 sedikit berubah dengan sebutan
Ninja 150R. Ninja 150R menggunakan cakram depan-belakang dan pelek
jari-jari. Ini disebut Ninja 150 yang memang lebih mahal.
Meski
selisih setahun, Ninja 150 waktu itu berbeda dari kode produksi.
Keluaran 1996 punya kode produksi KR150C dan yang 1997 ditandai KR150J.
Tapi, kode mesin sama, yakni 1855. Pada generasi ini Ninja 150
menggunakan karburator Keihin PWL 26 sampai produksi September 2006.
Ukuran pilot-jet 45, main-jet 132 dan kode jarum skep F33 45H dipakai
sampai September 2006.
Generasi 2002
Kawasaki
atau biasa disingkat Kawak, menambah varian Ninja 150R dengan
memasukkan Ninja 150RR di tahun 2002. Saat itu Ninja 150RR murni masih
built-up atau import from Thailand dengan kode produksi KR150K.
Perbedaannya dengan Ninja 150R, Ninja 150RR menggunakan teknologi KIPS.
KIPS
adalah teknologi katup tambahan di blok silinder. Berfungsi menahan
sisa gas buang di putaran bawah supaya tidak terlalu blong. Teknologi
ini membantu putaran atas supaya gas buang dilepas maksimal. Nama
komponen penggeraknya Super KIPS. Jadi, KIPS di 2002 sama juga dengan
versi Super KIPS di era 2006.
Selain
KIPS, Ninja 150RR juga sudah menggunakan fairing. Frame atau rangka
juga sudah bulat (tidak kotak lagi). Lengan ayun pun menggunakan
teknologi stabiliser atau tiang tambahan di swing-arm untuk keseimbangan
saat suspensi belakang bekerja.
Ninja
150RR dipasok karbu beda merek dan lebih besar ukuran venturinya
dibanding Ninja 150R. Ninja 150RR mengaplikasi Mikuni VM28 sampai saat
ini. Begitu juga dengan pilot-jet 22,5, main-jet 270, dan jarum skep
5EJ4-2 yang tidak berubah.
"Pilot-jet
diseting ukurannya lebih kecil dibanding Ninja 150R untuk putaran
menengah atas," tambah Freddyanto Basuki, Marketing Research, PT KMI. Di
tahun ini kode mesin berubah. Untuk semua varian Ninja 150, kode
mesinnya 1878.
Generasi 2006
Di
tahun ini generasi Kawak Ninja 150, 150R dan Ninja 150RR berubah total.
Inovasi yang paling jelas semua varian Ninja 150 sudah aplikasi Super
KIPS (Super Kawasaki Integrated Powervalve System), catalytic converter,
dan HSAS (High Performance Secondary Air Sistem).
Dua
teknologi terakhir di atas berkaitan untuk menekan emisi gas buang.
HSAS menggunakan mekanisme valve alias katup yang fungsinya
menyemprotkan udara segar atau oksigen ke lubang buang. Valve akan
membuka dan menyemprotkan udara segar saat mesin di putaran bawah.
Di
tahun 2006 kode mesin semua generasi Ninja 150 berubah jadi 1855
seperti generasi awal kemunculan Ninja 150. Untuk Ninja 150 dan Ninja
150RR di Oktober 2006 mengadopsi Keihin PWL 26 sampai sekarang. Main-jet
jadi ukuran 138 dan jarum skep berubah kode jadi N5LD. Jarum diklaim
lebih tirus dibanding jenis sebelumnya.
Mantap... Ulasan sejarahnya sangat informatif gan.
BalasHapusRegard, Modifikasi Motor.
Ok saya juga pengguna ninja r sipp pokoknya
BalasHapusOk saya juga pengguna ninja r sipp pokoknya
BalasHapusApakah ninja yg blm menggunakan super kips dan hsas bisa dimodifikasi sehingga bisa menggunakan keduanya?
BalasHapusbisa gan,tapi harus ganti blok silinder sekitar 1.5 jtan
HapusApakah ninja yg blm menggunakan super kips dan hsas bisa dimodifikasi sehingga bisa menggunakan keduanya?
BalasHapusBerarti menin ninja yg pake kips di atas 2006 ya gan . Tidak di mesin 2005 ke bawah.
BalasHapus